8 Desain Kanopi Rumah Hunian Agar Terlihat Cantik

8 Desain Kanopi Rumah Hunian

8 Desain Kanopi Rumah Hunian Agar Terlihat Cantik

PayDayLoanSusapqh. –¬†Kanopi rumah sebagai pelindung exterior bangunan sebelumnya digunakan oleh bangsa Belanda. Mereka membuat rumah-rumah bergaya arsitektur Eropa yang didominasi oleh bukaan dalam banyaknya serta dimensi yang besar.

Namun, rumah dengan bukaan lebar serta banyak tidak sesuai dengan keadaan cuaca di Indonesia yang beriklim tropis serta punyai curah hujan yang tinggi. Oleh karena itu, mereka membuat atap penambahan, berbentuk kanopi rumah jadi pelindung jendela, pintu, serta ventilasi.

Sekarang ini kanopi rumah marak digunakan bukan hanya sebagai proteksi tambahan, namun juga sebagai aksen guna mempercantik tampilan fasad rumah . Ingin mengenal dan mengetahui lebih jauh mengenai fungsi dari beberapa jenis kanopi rumah? Yuk, simak ulasan dari Kania berikut ini!

  • Kanopi rumah sebagai pelindung elemen bukaan

Salah satu bentuk menonjol yang nampak pada dinding eksterior bangunan ini adalah kanopi rumah. Kanopi rumah dipasang untuk menaungi bukaan yang berada tepat di bawahnya, bisa berupa jendela, pintu, dan juga ventilasi, sehingga cahaya matahari tidak menembus masuk ke dalam bangunan begitu saja.

Pada jendela yang menghadap ke arah matahari, kanopi rumah dipasang mengelilingi setiap sisinya.Dengan begitu, kenyamanan termal di dalam ruangan pun bisa diperoleh. Keberadaan kanopi rumah sebagai pelindung elemen bukaan juga bisa menampilkan permainan bias cahaya yang atraktif di dalam ruangan.

  • Fungsi ganda dari kanopi rumah

Dua kanopi rumah yang ditempatkan sejajar, atas-bawah, dapat menghasilkan fungsi ruang baru .Semula kanopi rumah digunakan untuk melindungi pintu depan rumah, namun karena bangunan rumah ini tingkat, area baru yang tercipta di atasnya lantas dimanfaatkan sebagai balkon.

Selain memasang pagar di pinggir kanopi rumah yang difungsikan sebagai balkon, tambahkan instalasi kayu untuk menambah permainan tekstur di fasad rumah.

  • Overstek sebagai kanopi rumah

Serupa tapi tak sama, overstek merupakan kebalikan dari kanopi balkon. Kanopi rumah ini hadir karena ruangan di lantai atas dibuat lebih menjorok ke depan dibandingkan ruangan di bawahnya. Pilar-pilar di kedua sisi bawah biasanya dipasang untuk menopang struktur kanopi rumah berupa overstek ini.

  • Kanopi semen jadi atap tambahan di selasar depan

Berbeda dari kanopi rumah jenis lain yang dibuat terpisah dari struktur atap utama, kanopi rumah ini merupakan perpanjangan dari atap rumah itu sendiri. Sehingga kanopi rumah ini menggunakan material yang sama dengan material atap.

Pada rumah bergaya minimalis modern misalnya, semen atau beton biasanya digunakan sebagai material pembangun atap, maka begitupun dengan kanopi rumah yang dibuat menaungi teras di bagian sepan rumah. Penggunaan kanopi rumah seperti ini dirasa lebih efektif baik dari segi biaya pembangunan maupun dalam menampilkan nuansa minimalis di fasad hunian.

  • Kanopi rumah sebagai buffer dan penghalang tampias

Kanopi rumah yang dibuat dari perpanjangan atap juga difungsikan sebagai teritisan. Teritisan ini akan menghalau tampias (cipratan air hujan) untuk masuk ke bagian dalam bangunan. Bagian bawah dari teritisan ini bisa dilindungi kembali sebagai buffer (penghalang) agar bagian dalam dan luar bangunan tidak terhubung secara langsung.

Fungsinya untuk menyaring udara tercemar yang masuk. Angin yang berada di lingkungan dengan kelembapan tinggi berputar cukup kencang membawa serta debu dan partikel kotor masuk ke dalam rumah.

  • Ciptakan ruang peralihan dengan kanopi rumah

Ketika rumah terdiri dari dua bangunan terpisah, kanopi rumah dapat digunakan untuk menyatukan keduanya. Area luar yang kemudian terlindungi oleh kanopi rumah ini dapat menjadi ruang peralihan yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik rumah untuk menciptakan ruang santai atau ruang rekreasi, seperti taman kering dan innercourt.

Keberadaan ruang peralihan ini pun dapat memperlancar sirkulasi udara yang masuk ke dua massa bangunan yang berbeda sekaligus meredam suhu panas.

  • Rangka kanopi kayu penyejuk area luar rumah

Nuansa alami semakin kuat saat memilih kanopi rumah berangka kayu sebagai pelindung teras atau taman belakang rumah. Agar taman yang asri tampil stylish, material kaca dapat digunakan sebagai penutup rangka kanopi rumah ini.

Melaluinya, kamu jadi bisa menyaksikan keindahan vista langit dengan seksama. Akan lebih baik jika kanopi rumah dipenuhi pohon dan tumbuhan rindang, kehadirannya pun semakin menyatu dengan alam.

  • Kanopi fiberglass untuk hunian modern masa kini

Selain kanopi kaca, ada juga penutup kanopi rumah lain yang jadi favorit hunian masa kini. Penutup kanopi rumah dari bahan fiberglass lebih tipis, ringan, dan ramping. Harganya juga relatif lebih murah.

Namun, penutup kanopi rumah ini juga cukup kuat karena material komposit pembentuknya tahan terhadap pemuaian, sekalipun terus-menerus terpapar panas matahari. Sekarang ini, kanopi rumah dari fiberglass seringnya digunakan sebagai pelindung area carport dan teras rumah.

Penggunaan kanopi rumah tak sebatas memenuhi satu atau dua kebutuhan saja. Kamu dapat menerapkan beberapa jenis kanopi rumah tergantung bidang dan area luar mana saja yang perlu diberi penaung. Yang terpenting, perhatikan seberapa kuat struktur rangka dan ketebalan penutup kanopi rumah yang digunakan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *